Minggu, 07 Maret 2010

Interview With Batak "FireyJak"



1.Makna Antifa Hooligan buat Lo?

Hmm…..gw sih ga terlalu suka suma istilah Antifa hooligan. Kalo menurut gw sih, istilah itu lebih cocok d italy lost fastidios bikin itu sebagai kampanye antifa anti nazi krn keadaan terraces di italy itu sudah separah itu di.

gw kurang suka ngewaba isu politik k sepakbola. disini budayanya blm sekotor itu jadi ya mudah2an ga perlu ada


2.Apakah semua hooligan dapat dikatakan Fasis

Wah ga lah, ga bisa.
gw yakin msh banyak hooligan yg msh percaya sama band2 kyk angelic upstarts dan cockney rejects.
faham fantistme itu selalu berkaitan dgn makna nasionalisme yg berujung fasisme.
tapi ya msh banyak juga ko yg percaya k spirit2 awal Hooligan tersebut.
hooligan menurut gw ya fase sih tujuannya lebih ke kebangaan kota/kampungnya. lebih kemasalah keluargaan, lebih k nilai2 luhur.walaupun nggak bisa di pungkiri sekarang isu fasis itu merambah di eropa. Inggris juga kenceng banget sekarang ada EDL (English Deffense League) EDL itu menggabungkan firm2x hooligan di inggris, ke isu di luar sepakbola pasti hubungannya nanti k politik di inggris lg bro…

yg isunya malah lebih ke ras dan SARA. Banyak yg berpendapat EDLmasih berhubungan dgn BNP/ NF jadi tujuannya bukan lebih k sepakbolanya lagi, malah ke program2x tersembunyi dan gw rasa lost fastidios berusaha mengcounter itu dgn Antifa hooligannya di italy..

tapi ya nga lah, hooligan itu kan pada awalnya cuma pelebelan dari media di inggris
kl dah ngomongin media ya kita pasti ngeliat siapa yg mengontrolnya,di inggris budaya2 anak2 kelas pekerja selalu disalahkan ya akhinya dilabelkan kesana kemari


3.Setujukah kalo praktik hooligan dibawa ke luar lapangan? bukankah ini berujung dengan kata fasis bro?

waduh praktek perhooliganan dah sampe k mpr tuh kmrn kan rame bgt tuh mslh pansus sampi pukul2an itu hooliganisme juga ga ya?,he
gw rasa semua orang berhak bangga pada kotanya dan negaranya dan hooligan punya budaya sendiri. Kalo menurut gw si, kata fasis itu lebih tepat di tujukan bila dia dinanin untuk kepentingan golongan/ politik. Memang sepakbola dan budayanya adalah hal yg sulit untuk di pahami oleh orang yg tidak menikmati pergerakan dari budaya tsb.


4.Lo percaya kalo oi! itu genk, apa perbedaan komune dengan genk thugs? Apakah oi sudah tidak diartikan hanya sebuah musik?

Ada tmn gw dah ngeratiin oi itu sebagai agamanya. Oi! akan selalu dikaitkan dgn gank karena lyrik2 dari band oi teresebut. Berbicara tentang kehidupan nyata tempat dimana band2 oi itu berdiri karena selalu membawa semangat kedaerahan, namanya juga ngomongin realita. Pada dasarnya band2 oi tersebut lebih ngomongin hal2x yg mengajarkan kita pada ketangguahn hidup, lebih menghargai tempat kita berpijak dan suara2x kelas pekerja yg nggak terdengar. Kalo di kaitkan dgn gank ya gw setuju. Kalo ke komunis itu lebih ke pribadi personalnya.

Gw sih nggak terlalu mikirin ke politik. lebih ke semangat kebersamaan tuk bertahan hidup nya
oi emang akan berada selalu di ambang2 nasionalis/ komunisme/ganks

jadi biarkanlah tetap abu2



5.Visi kedepan lo untuk scene oi jakarta ?

Ok menurut gw sih tetep jaga persahabatan yg udah terjalin. Buat punk,skinhead,herbert,ultras,hooligan,streetkids ,casual hardcore kids, dan lainnnya. Sudah saatnya kita melebur bersama berdiri sebagai generasi yg bener2x satu. Tidak perlu curiga dan mengkotak2an diri lagi, streetpunk/oi milik kita semua. jadi smuanya wellcome.

jadi mari tuang lagi amernya/bir/intisarinya/ciu/arakcaptikus/rajacemblung/lapen dan minuman2 keras lokal dan interlokal lainnya.

ayo kita ngobrolin hasil pertandingan kemaren, gmn cara nya berbisnis, cewe mana yg lagi hot dan bikin horny, musik apa yg lagi keren, siapa daftar yg mau dipukulin skr, dan juga apa produksi official hooligan yg baru,hehe

apa saajalah ttg khidupan,pertemanan,musik,percntaan,perfasionan karena oimusic adalah segalanya

hehe'

cheers

Batak FJ 3-03-2010