Selasa, 05 Oktober 2010

Interview with Kick Birds


1.Apakah kickbirds itu ? visi misi dan klasifikasi anggota kalian ?

Sand: kickbird menurut gw awalnya terbentuk dari kenginan gw sama git untuk membuat sebuah zine dan akhirnya gw sama git memutuskan kenapa ga sekalian dibikin acara aja biar zine nya lebih mudah didistribusikan ke ank2. Sedangkan untuk nama kickbird sendiri muncul dari ide kita b2 yg waktu itu bingung milih nama buat zine yg mau kita buat dan akhirnya kepikiran nama kickbird karena waktu itu dari nama seorang teman git di prancis yg namanya kick bridge tuz kt plesetin jadi kickbird kebetulan kita pikir ini zine yg buat kan skingirl ;) dah gitu kebetulan disini fenomena skingirl lg maraknya dimana banyak skingirl jadi2an yg sekadar jd skingirl karena co nya, bahkan jadi seorang skingirl tapi gatau roots maupun culture yg dijalaninya cuman jd sekadar five minute fashion aja. Dan kepikiran jg dari kata byrd yg mnurut gw byrd itu sebutan untuk cewe yg jadi pacarnya skinhead doank tp bukan bener2 real skingirl. So kita memutuskan kickbyrd adalah nama yg tepat, why must be shame called your self skinhead girl/ skingirl kalau u benar2 skingirl yaga..

Git: definisi kickbird pada awalnya adalah kick yang berartikan tendang dan bird adalah sebutan bagi cewek yang lebih sering kita dengar dengan sebutan skinbird. Yah yang berartikan adalah bahwa kita (saya dan Sandra kurang suka dengan sebutan skinbird itu sendiri. Karena menurut kami di sini kami berdiri di atas kaki kami sendiri walaupun kami ini adalah kaum perempuan di komunitas.
Visi dan misi dari kickbird itu sendiri adalah kami ingin membuktikan kepada segelintir orang yang sering menganggap bahwa kaum perempuan dalam komunitas hanya sebagai penghias scene belaka. Dan kami buktikan dengan memberikan kontribusi yang baik kepada scene skinhead di sini dengan menggelar beberapa gigs dan juga menerbitkan zine dalam beberapa periode mengikuti gig yang kami langsungkan. Terlebih dari itu kami bermaksud memberikan semangat kepada perempuan2 sekaum kami untuk tetap berada di jalurnya yang di yakini yaitu skinhead sebagai jalan hidup!!

2.Menurut kalian apakah yang membedakan konsep DIY Punks dan Skinheads? Adakah perbedaan ?

git: aselinya gw belom punya banyak wacana tentang pertanyaan loe yang kedua ini tapi gw berusaha untuk menjawab sesuai yang ada di otak gw ini, ok! Makasii,, kalo menurut gw yang membedakan d.i.y. punk dan skinhead yaitu ada di semangat tiap2 individu itu sendiri. Kalo do it your self itu sendiri sih menurut gw gak perlu dia punk ataupun skinhead yah.. soalnya setiap orang sebenernya bisa melakukan sesuatu hal dengan sendirinya. Orang lain Cuma sebagai pelengkap untuk menyempurnakan hal yang dia ingin lakukan. Tapi kalo bicara ke skinhead dan punk.. gw mau bilang,, beda di semangat dalam jiwanya. Mungkin aja kalo punk itu emang udah terdidik untuk bisa sendiri misalnya gak perlu kerja di perusahan ini itu, dia bisa nyablon or ngamen buat nafkahin hidupnya. Dan skinhead2 lebih memilih untuk menjadi buruh di perusahaan2 yang sebetulnya mematikan karakter mereka. Tapi lagi2 itu pilihan ke tiap2 individunya sendiri. Gw sendiri lebih memilih untuk tidak bekerja kepada perusahaan yang bisa memperkosa mental gw secara halus. Gw lebih baik bercengkrama dengan segelintir temen2 gw di jalan Cuma untuk sekadar beli rokok dan sebotol beer. Jejejejee.. makasii,,

Sand : kalau mnurut gw jelas beda, Punk ya punk skinhead ya skinhead dari roots mpe culture na aja beda apalagi way of think nya tmasuk DIY td sangat beda bgt.. dan yg gw tau skinhead ga mengenal DIY. Karena yg gw liat dr sejarah yaitu dari fashion semua gear skinhead itu branded besar & mahal semua. dan mereka juga ga tlalu mau ambil pusing dengan masalah tsbt yg penting mereka bisa terlihat nyaman smart n clean… Dan kembali lagi DIY itu pilihan tiap individual jadi bukan sesuatu yg harus dipaksakan dalam culture skinhead beda halnya dengan punx yg bener2 melekat & identik bgt dengan DIY jadi seakan DIY sesuatu yg harus dijalani oleh punx itu tsbt but at the most for me DIY it’s a choice of personal.

3.Bagaimana implementasi kalian sebagai Skingirl untuk berkontribusi dalam Scene Ini?

9it:yah implementasinya adalah banyak cara, salah satunya jangan bergosip ria deh loe buat memperkeruh keadaan. Hahahaa…

Sand: gw Tanya balik ke loe sebagai seorang skinhead apa jg yg udah lo kontribusikan buat scene ini…
Hehehehe… kayaknya hal kayak gini udah gausah dptanyakan lagi tapi dijalani aja kali. Dengan ngelakuin hal kecil seperti ga bikin ribut di acara ( yg bisa berakibat susah buat bikin acara karena pemilik tempat merasa ketakutan krn keributan yg dibuat oleh pengunjung yaga?), kesadaran buat beli tiket juga suatu kontribusi juga karena lo udah mensupport& mendukung bgt panitia yaga?, dan ilangin kearoganan lo dalam beridealis jangan sampe cuman karena untuk mempertahankan idealis loe akhirnya loe berantem sama temen loe sendiri buat gw nonsense bgt. Yup dan masih banyak lagi hal kecil lainnya yg bisa kita lakuin& kontribusiin buat scene tercinta. Hal kecil yg bisa berdampak besar kalau saja setiap orang mau saling berjabat tangan dan membuat scene ini lebih nyaman, aman dan menyenangkan. karena kalau bukan kita siapa lagi????

4.Apakah seorang Skingirl harus menganut paham Femenisme

9it: kalo pertanyaan yang satu ini sih.. elo nanyanya ke gw khan.. yah kalo menurut gw sih feminis itu emang harus ditegakan ama setiap perempuan. Mau pilih feminis apaan.. feminis ala muslim, ala liberal ala din?? Terserah dah tuh pahamnya apaan.. yang jelas feminism setau gw ngajarin supaya perempuan itu bisa mandiri dan bisa jadi perempuan yang selayaknya.

Sand: sama jawab nya ketika lo nanya ptanyaan no.2… it’s a personal choice.. not skinhead/skingirl choice…

5.Fashionable sangat melekat bagi kaum skingirl bagaimana kalian bisa keluar dari stigma yang melekat ini ?

9it: fasionable.. menurut gw sih gak Cuma ada di skingirl. Karena itu attitude kita berpakaian. Nah kalo uda kayak gitu berarti nuntut elo untuk beli beli terus barang2 yang menunjang ke fasionablean kita. Akhirnya kita terjebak dalam suatu konsumerisme yang kata orang2 sih bertentangangan ama d.i.y., tapi yah.. kalo menurut gw sih yah.. senyaman2in aja deh hidup loe. Gak usah dibikin ribet. Yang penting loe ada nyata dalam scene ini untuk memajukan scene yang k arah lebih baik lagi.karena kalo kita mau usut segala kesalahan gak bakalan ada beresnya. Karena semua nya itu bersebab dan akibat. Mendingan kita minimaliskan aja kesulitan2 yang bisa jadi kendala buat memajukan scene.
Makasii,,

Sand: hehehehe… sekarang gw Tanya pertama kali lo ngeliat seseorang itu skinhead apa bukan dari mananya? Gw jawab yahhh… pasti dari pakaiannya yakan nah baru ketika lo ngobrol sama orang tersebut maka lo bisa tau dia bener2 skinhead apa bukan yaga? Jadi hal2 kayak githu ga usah dptanyakan lagi kali… setiap budaya pasti ada memiliki fashion tersendiri yg pasti beda dengan budaya lainnya.. dan kenapa kita harus keluar toh fashionable bukan berarti konsumerisme yakan dan itu sah2 aja bang didi… kalau bukan begitu yah skinhead ga mungkin kenal sama fred perry mungkin skinhead makai jaket kulit kali sekarang kalau loe nyuruh kita keluar dari fashionable tadi… yup setuju sama git daripada ngeribetin hal2 sperti yg lo pertanyakan ini yasudahlah….
SKINHEAD itu bukan sesuatu yg harus dipertanyakan apalagi diperdebatkan tapi LO JALANI dan lo aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari… jadi ga usah dibikin ribet hal2 yang ga penting hehehehe… makasi ya bang…