Minggu, 05 Juni 2011

Interview with Pauline Black -The Selecter-

1. Could you tell me what kinds of subculture in behind twotone era? do you thing ska is just music or more than a music

We were the most racially diverse band of the 2-tone bands. We attempted a punky reggae cross-over in pop music labeled as ska music. Our particular sound was often ahead of its time and played out against a backdrop of “bankrupt Britain” and rampant racism. Within 6 months of forming, The Selecter had a top 10 hit and a gold debut album. The 2 tone movement had firmly established itself in the country’s psyche, especially after the 40 date legendary 2 Tone tour.
It was the first time that black and white youth unified themselves with an iconic style and energetic music. The movement defined the agenda for future British multi-culturalism in a way that nothing had before, or indeed has since.
It was homegrown in Coventry, but spread as a sub-culture throughout the world. Considering our music only lit up the charts for a brief two year span it has enjoyed a lasting legacy for the past thirty years and is still known world wide today and burns as one of the very few beacons of racial harmony in today’s mixed up, war hungry world.

2. The era of twotone there's alot of skinheads joint in National Front, what kind the selecter solution to bring back skinheads to their real culture?

Only skinheads can bring themselves back to their real culture by learning about their original history. There are new movements in Britain today, such as the BNP and EDL, who are just as odious as the National Front. Our new single- ‘Big In The Body- Small In The Mind” directly confronts such fascist elements. We wanted to come back with a new single that said something about the society we currently live in- this used to be the tradition of all 2-tone music.Fortunately there is also an organization “SHARP- skinheads against racial prejudice- the Selecter supports them wholeheartedly.

3.What really happened with the selecter so that you choose to become a novelist and soloist?

Nothing happened with the Selecter. I just decided to do something different for a while, so The Selecter took a sabbatical. Every musician needs to re-charge their batteries and gain inspiration from other sources. It took me two years to thoroughly research and write my book. This was a process that I enjoyed very much. “My memoir “Black By Design” is published by Serpent’s Tail on Aug 4th. It is an autobiography.I reformed the Selecter with original lead singer Arthur Gaps Hendrickson last year in October 2010. Currently The Selecter is an 8 piece including a 2piece horn section. We are having great fun in 2011, gigging extensively all over Europe and recording our new album “Made In Britain”, which will be released on Sept 1st.

4. Who's your favorite ska singer in the era of two tone and ska singer in the current era.

My favourite ska singer in the 2-tone era was Dave Wakeling of The Beat. My favourite ska singer of the current era is in The Dualers.

5.There are many bands that really inspired you in the Jakarta area such as Es Coret and Merseyside, whether you have a suggestion for them?

The bands you mention are both excellent bands and as long as they keep on doing what they are doing, they should be very successful.

6. Do you interest to play in jakarta after "the Last Resort" will schedule play in 12 juni 2011, and how can we contact your management?

We would love to play in Djakarta. Please contact our agent – all relevant info for booking agents is on our website www.theselecter.net/contact.htm MUSIC BOOKING AGENTS ZAC PETERS (UK Booking Agent) MIDNIGHT MANGO PRODUCTIONS ADDRESS: The Old Stables, Spring Farm, Moorlinch, Bridgewater, Somerset, TA7 9DD WEBSITE: www.midnightmango.co.uk E-MAIL: zac@midnightmango.co.uk Ph: +44(0)7837 681905 BART QUINTENS (European Booking Agent) Ph :+32 (0)16777670 ADDRESS: HEIDESTRAAT 126, 3350 LINTER-BELGIUM WEBSITE: www.artistagency.be E-MAIL: bart@artistagency.be JOHN PANTLE (U.S.A Booking Agent) AGENCY FOR THE PERFORMING ARTS 405 s BEVERLY DRIVE BEVERLY HILLS, CA 90212 Ph:(310)888 4258 Fax: (310)228 5418 Mob: (323)600 305

7. the last shout to all your fans, the selecter fans and ska music fans in indonesia?

Hello to all Selecter fans in Indonesia. Download the new Selecter single “Big In The Body- Small In The Mind” now- don’t let the fascists win!

Check this out Mate


Jumat, 18 Februari 2011

Interview With Chuck "Tolerance"

1. What we know about hardcore bands is they usually got a message about the system or things that happened in their lives. Is it that hard to live in NYC and third world country-indonesia?

No, it isn't. There are good and bad about living in both NYC and Indonesia. In NYC, it's frustrating to see so much waste or complacency. In Indonesia, it's frustrating to see the government and those in power being so selfish and ignoring the bigger issues (corruption, poverty). There are, however, good things about both. In NYC, there is a lot of diversity. In Indonesia, there is a lot of passion and the scene here is one of the best scenes in the world right now. Music allows us to speak up and try to improve that which isn't great.

Still, if one focuses entirely on the negative, then he/she will not be very happy and have a tough time in life. Speak up about it, make a change, but don't dwell on it entirely. Life isn't worth living if you can't appreciate the good.

2.Could you explain the spirit of the working class in perspective Hardcore?

I don't think it should matter about class. Rich, poor, bourgeois or proletariat shouldn't matter -- it's about the music and the passion to make a change for the better. Everyone needs to speak up and speak out.

A lot of the focus is on the working class in the hardcore punk scene, but it is only because the working class is usually the class who are at the brunt of the problems with society. I come from a working class family, but I intend to infiltrate the system and make a change for the better. Whilst I am proud to be from a working class background, but I am also proud to say I am stepping up to the bourgeoisie and making a change for the better.

3.And how about the meaning Counter Culture in Hardcore perspective?

Before the punks were the hippies, and before that the beatniks; we could go back thousands of years to see that Counter Culture existed. Hardcore is just a modern version of speaking up and speaking out against the problems with society. We can make a change, but I think it will take a lot of us to stand together and speak out.

4. With all that is going on in the world now, is this what gives you the strengh and will to keep on doing this hardcore music ?

I stick with the scene and listen to hardcore because I love it. It’s great to see the younger generation listening to the music and taking part in the scene too. I hope it continues to grow.

5. how about your band history and when is your full album will be released ?

We just started as a band in late 2007/early 2008. I moved to Jakarta and started looking around on MySpace for the local shows. I met Reeko at Hardfest 2007. Reeko then asked his friends Dado, Bedot and Roy to join and we started practicing together. In 2009, we made a full album, which is completely DIY. We’re currently writing new music and we play as many shows as the people allow us to play. We do it because we love it.

6.the last word for indonesia scene?

The Indonesian scene is one of the best scenes around. It is full of passion, pride and groups. It doesn’t matter where you are from, what your background is or whether you sing in English or Indonesian – the punk scene in Indonesia is alive and well. If we could band together and make more shows, that would be fantastic.

Selasa, 05 Oktober 2010

Interview with Kick Birds

1.Apakah kickbirds itu ? visi misi dan klasifikasi anggota kalian ?

Sand: kickbird menurut gw awalnya terbentuk dari kenginan gw sama git untuk membuat sebuah zine dan akhirnya gw sama git memutuskan kenapa ga sekalian dibikin acara aja biar zine nya lebih mudah didistribusikan ke ank2. Sedangkan untuk nama kickbird sendiri muncul dari ide kita b2 yg waktu itu bingung milih nama buat zine yg mau kita buat dan akhirnya kepikiran nama kickbird karena waktu itu dari nama seorang teman git di prancis yg namanya kick bridge tuz kt plesetin jadi kickbird kebetulan kita pikir ini zine yg buat kan skingirl ;) dah gitu kebetulan disini fenomena skingirl lg maraknya dimana banyak skingirl jadi2an yg sekadar jd skingirl karena co nya, bahkan jadi seorang skingirl tapi gatau roots maupun culture yg dijalaninya cuman jd sekadar five minute fashion aja. Dan kepikiran jg dari kata byrd yg mnurut gw byrd itu sebutan untuk cewe yg jadi pacarnya skinhead doank tp bukan bener2 real skingirl. So kita memutuskan kickbyrd adalah nama yg tepat, why must be shame called your self skinhead girl/ skingirl kalau u benar2 skingirl yaga..

Git: definisi kickbird pada awalnya adalah kick yang berartikan tendang dan bird adalah sebutan bagi cewek yang lebih sering kita dengar dengan sebutan skinbird. Yah yang berartikan adalah bahwa kita (saya dan Sandra kurang suka dengan sebutan skinbird itu sendiri. Karena menurut kami di sini kami berdiri di atas kaki kami sendiri walaupun kami ini adalah kaum perempuan di komunitas.
Visi dan misi dari kickbird itu sendiri adalah kami ingin membuktikan kepada segelintir orang yang sering menganggap bahwa kaum perempuan dalam komunitas hanya sebagai penghias scene belaka. Dan kami buktikan dengan memberikan kontribusi yang baik kepada scene skinhead di sini dengan menggelar beberapa gigs dan juga menerbitkan zine dalam beberapa periode mengikuti gig yang kami langsungkan. Terlebih dari itu kami bermaksud memberikan semangat kepada perempuan2 sekaum kami untuk tetap berada di jalurnya yang di yakini yaitu skinhead sebagai jalan hidup!!

2.Menurut kalian apakah yang membedakan konsep DIY Punks dan Skinheads? Adakah perbedaan ?

git: aselinya gw belom punya banyak wacana tentang pertanyaan loe yang kedua ini tapi gw berusaha untuk menjawab sesuai yang ada di otak gw ini, ok! Makasii,, kalo menurut gw yang membedakan d.i.y. punk dan skinhead yaitu ada di semangat tiap2 individu itu sendiri. Kalo do it your self itu sendiri sih menurut gw gak perlu dia punk ataupun skinhead yah.. soalnya setiap orang sebenernya bisa melakukan sesuatu hal dengan sendirinya. Orang lain Cuma sebagai pelengkap untuk menyempurnakan hal yang dia ingin lakukan. Tapi kalo bicara ke skinhead dan punk.. gw mau bilang,, beda di semangat dalam jiwanya. Mungkin aja kalo punk itu emang udah terdidik untuk bisa sendiri misalnya gak perlu kerja di perusahan ini itu, dia bisa nyablon or ngamen buat nafkahin hidupnya. Dan skinhead2 lebih memilih untuk menjadi buruh di perusahaan2 yang sebetulnya mematikan karakter mereka. Tapi lagi2 itu pilihan ke tiap2 individunya sendiri. Gw sendiri lebih memilih untuk tidak bekerja kepada perusahaan yang bisa memperkosa mental gw secara halus. Gw lebih baik bercengkrama dengan segelintir temen2 gw di jalan Cuma untuk sekadar beli rokok dan sebotol beer. Jejejejee.. makasii,,

Sand : kalau mnurut gw jelas beda, Punk ya punk skinhead ya skinhead dari roots mpe culture na aja beda apalagi way of think nya tmasuk DIY td sangat beda bgt.. dan yg gw tau skinhead ga mengenal DIY. Karena yg gw liat dr sejarah yaitu dari fashion semua gear skinhead itu branded besar & mahal semua. dan mereka juga ga tlalu mau ambil pusing dengan masalah tsbt yg penting mereka bisa terlihat nyaman smart n clean… Dan kembali lagi DIY itu pilihan tiap individual jadi bukan sesuatu yg harus dipaksakan dalam culture skinhead beda halnya dengan punx yg bener2 melekat & identik bgt dengan DIY jadi seakan DIY sesuatu yg harus dijalani oleh punx itu tsbt but at the most for me DIY it’s a choice of personal.

3.Bagaimana implementasi kalian sebagai Skingirl untuk berkontribusi dalam Scene Ini?

9it:yah implementasinya adalah banyak cara, salah satunya jangan bergosip ria deh loe buat memperkeruh keadaan. Hahahaa…

Sand: gw Tanya balik ke loe sebagai seorang skinhead apa jg yg udah lo kontribusikan buat scene ini…
Hehehehe… kayaknya hal kayak gini udah gausah dptanyakan lagi tapi dijalani aja kali. Dengan ngelakuin hal kecil seperti ga bikin ribut di acara ( yg bisa berakibat susah buat bikin acara karena pemilik tempat merasa ketakutan krn keributan yg dibuat oleh pengunjung yaga?), kesadaran buat beli tiket juga suatu kontribusi juga karena lo udah mensupport& mendukung bgt panitia yaga?, dan ilangin kearoganan lo dalam beridealis jangan sampe cuman karena untuk mempertahankan idealis loe akhirnya loe berantem sama temen loe sendiri buat gw nonsense bgt. Yup dan masih banyak lagi hal kecil lainnya yg bisa kita lakuin& kontribusiin buat scene tercinta. Hal kecil yg bisa berdampak besar kalau saja setiap orang mau saling berjabat tangan dan membuat scene ini lebih nyaman, aman dan menyenangkan. karena kalau bukan kita siapa lagi????

4.Apakah seorang Skingirl harus menganut paham Femenisme

9it: kalo pertanyaan yang satu ini sih.. elo nanyanya ke gw khan.. yah kalo menurut gw sih feminis itu emang harus ditegakan ama setiap perempuan. Mau pilih feminis apaan.. feminis ala muslim, ala liberal ala din?? Terserah dah tuh pahamnya apaan.. yang jelas feminism setau gw ngajarin supaya perempuan itu bisa mandiri dan bisa jadi perempuan yang selayaknya.

Sand: sama jawab nya ketika lo nanya ptanyaan no.2… it’s a personal choice.. not skinhead/skingirl choice…

5.Fashionable sangat melekat bagi kaum skingirl bagaimana kalian bisa keluar dari stigma yang melekat ini ?

9it: fasionable.. menurut gw sih gak Cuma ada di skingirl. Karena itu attitude kita berpakaian. Nah kalo uda kayak gitu berarti nuntut elo untuk beli beli terus barang2 yang menunjang ke fasionablean kita. Akhirnya kita terjebak dalam suatu konsumerisme yang kata orang2 sih bertentangangan ama d.i.y., tapi yah.. kalo menurut gw sih yah.. senyaman2in aja deh hidup loe. Gak usah dibikin ribet. Yang penting loe ada nyata dalam scene ini untuk memajukan scene yang k arah lebih baik lagi.karena kalo kita mau usut segala kesalahan gak bakalan ada beresnya. Karena semua nya itu bersebab dan akibat. Mendingan kita minimaliskan aja kesulitan2 yang bisa jadi kendala buat memajukan scene.

Sand: hehehehe… sekarang gw Tanya pertama kali lo ngeliat seseorang itu skinhead apa bukan dari mananya? Gw jawab yahhh… pasti dari pakaiannya yakan nah baru ketika lo ngobrol sama orang tersebut maka lo bisa tau dia bener2 skinhead apa bukan yaga? Jadi hal2 kayak githu ga usah dptanyakan lagi kali… setiap budaya pasti ada memiliki fashion tersendiri yg pasti beda dengan budaya lainnya.. dan kenapa kita harus keluar toh fashionable bukan berarti konsumerisme yakan dan itu sah2 aja bang didi… kalau bukan begitu yah skinhead ga mungkin kenal sama fred perry mungkin skinhead makai jaket kulit kali sekarang kalau loe nyuruh kita keluar dari fashionable tadi… yup setuju sama git daripada ngeribetin hal2 sperti yg lo pertanyakan ini yasudahlah….
SKINHEAD itu bukan sesuatu yg harus dipertanyakan apalagi diperdebatkan tapi LO JALANI dan lo aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari… jadi ga usah dibikin ribet hal2 yang ga penting hehehehe… makasi ya bang…

Jumat, 21 Mei 2010

Interview With Rino RGB

1. Bagaimana lo bisa keluar dari sistem senioritas di era punk taun 1998?

Saat itu kita berfikir logis aja, ketika kita bertahan dengan system ke-senioritas-an... maka itu menjadikan kita buntu menghadapi generasi yg baru,
banyak blok yg akan kita hadapin nantinya.
Kita sadar, kita lahir dari dari komunitas dan untuk komunitas juga meskipun gk terkecuali kita bisa menjalanin hal yg sangat mainstreams nantinya.
Dasar komunitas yg kita punya kelak bisa membimbing kita ke arah manapun kita menempuh so... kita bebas-kan rasa senioritas kita.
Mulai bangkit dan survive sendiri meski-pun terasa berat tuk menjalaninya sampai sekarang dan ternyata membuahkan hasil walaupun belom maksimal

2. Bagaimana pandangan lo mengenai sistem DIY yang harus di terapkan di negara dunia ke tiga?

DIY.... we'll support that...!
Indonesia contoh-nya, negara dunia ke-tiga berkembang di bawah naungan negara2 raksasa.
DIY... menurut kita itu logis n tak berumus-kan karena kita sama2 tau survive yg kita jalanin ini bukan survive yg kita dapat di table logaritma atau kamus buku pintar.
Ini tumbuh dengan sendiri-nya
bagaimana kita bisa bergerak n bertumbuh menjadi pintar, menjadi lebih bijaksana dan menjadi lebih mengkoreksi diri sendiri
DIY sebuah perjalan hidup individu seseorang dan itu bisa di bawa ke bagian yg lebih besar dari perorangan,
yaitu : sebuah band. SURVIVE... hanya band itu yg bener merasakan n tahu
so... DIY di negara ketiga gk menjadikan suatu yg dilematis buat kita
let's it flow, mengalir terusss....

3. Apakah kebebasan dalam konsep DIY lo berarti bersinggungan dengan media dan mainstream?

Kalo boleh gw jawab atas dasar indvidual gw,,,,
yaa... kami membutuhkan... bukan hanya bersinggungan lagee...
tapi mrk itu sebuah partner semu yg benar2 gw butuhin saat ini.
Nggak perlu berkenalan dengan si media, nggak perlu berkenalan dengan si mainstreams
tapi itu berjalan sendiri apabila kita terus open minded.
sekali lagi itu berkaitan dengan logika dan yg jelas-jelas di butuhkan sama manusia... LOGIKA"

4. Mengapa lo tidak membuat band lagi selain RGB?

Hweheheheee... siiiaaaaaaaal. Ngurus band satu aja susah...mau nguruus band yg laen lagee, hadoooh.......
intinya gw cuman mencoba loyalitas dengan apa yg telah gw buat n jalanin dari tahun 1996.
Gw merubah pola fikir gw pribadi sampai saat ini.

5. Apakah arti Punk buat lo dan pesan terakhir untuk scene di indonesia ?

sebagai bangsa indonesia, gw mengadopted culture ini,,,,, sampai saat ini
kebetulan yg gw dalemin apa itu PUNK...??
metode apa siiy di dalam-nya...
ternyata itu adalah konsep dasar sebuah pola hidup, survive berkomunitas, bermusik n sebagai simpatisan, yg jelas2 bernilai positive buat gw
dan semua itu bergerak sampai skr...!.
Dan waktu-lah yg mendampingin lafal-lafal diatas, bukan karena skenario
tapi karena perjalanan sebuah hidup tanpa teks n konteks yg baku.
Flexsible///!!! menjadi darah yg mengalir, sedikit banyaknya yg sangant mempengaruhi apa aja tuk ber-activitas ke depannya...
Thx to PUNK.
INDONESIA adalah bangsa yg kuat....scene yg besar...
so,,,, jadi-kan PUNK tuan rumah di diri kalian sendiri... yg positive tentu-nya...
untuk semua hal yg negative, silahkan pendam sendiri....
jgn pernah membuahi bangsa kita dengan semua yg salah...


Senin, 03 Mei 2010

Interview with Danny Diablo

1. How big is the influence of Oi! culture in NYC hardcore, and what are the factors?

Warzone was very influenced by oi. So were many N.Y.H.C. bands from the scene growing up. Y.D.L was another band. I think we all loved the rock n' roll working class sing a longs.

2. Could you please tell us about DMS Crew?

DRUGS, MONEY & SEX!!! BROTHERHOOD... enuff said.

3. In the song "Mechanic", Necro mentions about DMS as an independent DIY. What is the DIY concept from your perspective?

Well Necro and I do everything ourselves. We are underground artist and he says PLR - DMS - DIY Psychological Records & D.M.S united and strong. We are brothers from different crews. Necro is my nigga. We are homeboys.

4. Why now you're going to hip hop and what made you to choose a different direction? What's the similarity with Hardcore culture?

Been doing the hip-hop thing for several years now... Underground Hardcore & Hip-hop share the same struggle and strifes with the fans. Both talk about the streets. I think hardcore kids are way iller then hip-hop kids!!! Every gang from the hardcore /punk scene turn out to be nuts!!! Watch gangland and see how many real prison and street gangs have formed due to the hardcore/punk scene!!!

5. How did Tim Armstrong get involved as a producer in 'Thugcore for life" album?

Tim Armstrong and I are boys. He is a talented dude. I met Tim in 1994 when I beat down these punks who jumped my brother Lars from Rancid. We been friends ever since that day and he has always supported my music. I love his music and he is a great producer. The Thug-core 4 Life album had a few songs produced by him and my new record International Hardcore Superstar is on his label Hellcat Records!!! He produced on this record also with me.

6. Do you still consider Harley Cromags as your foe?
I grew up as a fan of Harley. I then became a friend later on. I just had one beef with him and he was in the wrong. I tried to squash it but he pulled a fucked up move. I had to make that song "G#dz Of War". I dissed him once and that was it...
He knows what is up and I wish that we can be friends again one day. It is over and I hopoe he dosen't act up again cause I don't want to fuck him up cause I really do got love for him.

7. Any last shouts to the Indonesian scene?

I can't wait to play Indonesia. If anyone wants Skarhead or Danny Diablo to play out there please hit Don Capria @ 110 management. You can google search him. He is my manager.
Thank you and D.M.S 4 Life!!!

Interview with Boriez

1.Apa Arti Ska Buat Lo ?

Ska sudah sebagai bagian hidup, bukan hanya sekedar musik doang. gua berusaha dan berfikir memajukan scene ska ini agar lebih bagus seperti di negara- negara jepang dan philipina, padahal lo tau philipina negara yang kecil tapi scene ska disana lebih maju daripada scene di Indonesia. Band ska di Indonesia banyak yang lebih bagus dari band-band diluar sana, tetapi karena wadahnya tidak tersedia makanya scene di ska disini mandeng. Makanya gua berusaha menciptakan sebuah wadah bagi scene ska di Indonesia ini.

2 Saat ini Lo mempunyai record yang bernama Revival, apakah record lo merilis band-band aliran lain Selain Ska?

Gua fokus untuk memajukan scene ska dahulu dengan menciptakan record ini, gua membuat record ini pada tahun 2006, dimana saat itu gua melihat nggak ada wadah untuk band ska disini. Walaupun masih main di acara tapi hanya satu yang diambil dan yang lain tunggu panggilan. Akhirnya gua menciptakan wadah agar band-band ska disini dapat lebih maju dan bagi pecinta ska, bisa lebih terkodinir.

3.Stigma yang melekat pada saat ini, ska dimainkan oleh skinhead dan rudeboys apakah selain skinhead dan rudeboy tidak boleh mainkan ska, contoh anak hardcore ingin bawain ska ? flexible, ska kan music, Rudeboy dan Skinhead bergantung dari idealisme masing-masing. Skatelites sendiri adalah para musisi ska . Yang penting tidak hanya memainkan untuk memanfaatkan scene ini, karena ska lagi booming aja terus ramai-ramai buat band ska. Orang diluar tersebut pun bisa memainkan music Ska asalkan mereka harus mengerti akan culture dari ska itu sendiri. Masalah idealisme masing-masing lah….

4. Menurut lo culture yang masuk ke Ska atau Ska yang menciptakan sebuah culture di Jakarta ini?
Kalo menurut gua culture yang masuk ke ska, tapi itu sebuah pembelajaran diri dan bahwa ska itu sebuah musik, seperti di inggris kita ketahui skinhead merupakan fans fanatic musik ska, tapi Karena sebuah pembelajaran sehingga mereka bisa membedakan bahwa ska mempunyai culture sendiri skinhead dan rudeboys mempunyai culture sendiri.

5. Apa yang akan dilakukan Revival untuk menjaga agar scene Ska tetap eksis, tidak meredup seperti era sebelumnya ?
Sebenarnya itu sebuah tujuan dari revival itu sendiri. Kita tidak ingin band-band ska hanya bertahan satu tahun saja…. Makanya gua menciptakan sebuah wadah untuk memajukan scene Ska ini, bukan untuk membesarkan, karena kalo konteks membesarkan bisa berarti mengexploitasi scene ini. Tapi gua ingin memajukan scene Ska ini agar tetap stabil tidak besar maupun tidak redup tetapi tetap eksis.

6. Menurut lo, warna Ska musik di Jakarta saat ini stagnan nggak sih ?
Menurut gua saat ini musicnya lebih beragam awalnya gua saat ingin membuat kompilasi ini gua berpikir seperti lo tapi saat gua jalanin untuk membuat kompilasi Return of the root boys diluar rugaan musiknya beragam banget. Ada yang early reggae, two-tone, dub, dancehall pokonya lebih beragam saat ini. Dan sesuai konsepnya kembali ke roots.

Jumat, 26 Maret 2010

Interview With UTI THE END

1. Bagaimana pemahaman THE END terhadap nasionalisme dan patriotisme?

• Kami sangat bangga terhadap tempat dimana kami dilahirkan dan kami sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kebudayaan di negeri Indonesia tercinta ini. Menurut pemahaman kami mengenai nasionalis dan patriotic it’s all about that. Cinta tanah air dan bisa menghormati juga menghargai orang-orang pendahulu sebelum kita ada, para pejuang bangsa ini yang rela berkorban jiwa dan raganya untuk mencapai negeri ini merdeka. Kita harus menghargai itu ( para pahlawan adalah patriotic sejati ). Dengan sikap kita menghargai itu semua, sikap kepatriotikan mereka dapat menginspirasikan kita di kehidupan sekarang ini. Seperti: jangan mudah menyerah kita pasti bisa, bersatu kita teguh bercerai kita runtuh dan nasionalis yang kita junjung di sini lebih ke self respect kepada negeri ini. Mencintai sepenuh hati dan memberikan kontribusi apapun buat negeri ini in a positive way!

2. Apa yang akan loe lakukan untuk menumbuhkan para fresh cut agar ada generasi selanjutnya dan pemahaman apa yang harus ditanamkan kepada mereka tentang kultur ini?

• Fresh cut adalah re-generasi yang ada di scene skinhead, pada dasarnya mereka yang disebut fresh cut sudah memahami esensinya di scene skinhead itu sendiri. Apa yang meraka akan perbuat di scene ini, in a good wayi kita harus dukung. Intinya adalah sama-sama memberikan informasi, saling belajar, bisa memberi dan menerima masukan dari masing-masing individu. Jadi, saling support itu perlu. Saling memberi motivasi untuk kemajuan scene skinhead di Indonesia. Stay proud!

3. Apakah seorang skinhead hanya identik dengan musik Oi! dan Ska?

• Musik Oi! dan Ska adalah beberapa musik yang digandrungi di scene skinhead, tapi bukan berarti seorang skinhead hanya ter-pattern pada kedua jenis musik ini. Bukan suatu ukuran kalau seorang skinhead menggandrungi jenis musik di luar kedua genre musik ini lalu dia disebut bukan seorang skinhead sejati. Musik adalah universal bagi setiap orang. Jadi bahasa musik sangat kuat, masing-masing individual lah yang bisa meng-influence mereka masing-masing. Oi! for pogo, Ska for skankin, all universal musiks for education.

4. Bagaimana cara yang akan loe lakukan agar band-band Oi! di Indonesia dapat dikenal dan manggung di kancah internasional?

• Untuk mencapai tujuan band-band Oi! local bisa melakukan infasi gigs luar negeri adalah pertama-pertama yang kita butuhkan adalah link yang kuat, spreading musik kita kepada records yang ada di seantero dunia. Kalau perlu kita berkolaborasi dengan mereka. Seperti: masuk ke dalam kompilasi-kompilasi yang mereka buat. Lobi mereka agar mereka mau merilis album kita, walaupun bukan new album. At least reload album lama kita. Semakin banyak orang-orang di luar sana notice karya kita, semakin besar peluang kita menuju ke sana. Manfaatkan media semaksimal mungkin dan buat tulisan tentang scene kita di sini. Yang pasti harus ada modal financial untuk step awal kalau kita kalau kita mau aboard go international. Good luck!!......
Cheers Oi!